Friday, September 2, 2016

Peninggal Bunker bawah tanah Jakarta

BERITA TERKINI - Kota Jakarta memiliki bunker peninggalan penjajah.Bunker-bunker itu ada dibawah tanah berapa kawasan di Jakarta.seperti apa bunker tersebut dan bagaimana sejarahnya?Pradaningrum Mijarto daru Warta Kota menuliskannya. sejarah kota Megamolitan jakarta juga berkaitan dengan keberadaan bunker(ruang bawah tanah) yang tersebar dibawah tanah kota itu. tak hanya dikawasan kota Tua,atau Tanjungpriuk,data yangada menyebutkan kawasan kramat,kebon sirih,hingga Meester Cornelin pun menyimpan bekas bunker di bawahnya.ketika saya mendengar kabar ada satu lagi bunker dikawasan kota Tua,tentu ini menjadi penggenap data tentang keberadaan bunker dibawah tanah Jakarta.




AGEN POKER - Mencari sejarah bunker di Batavia,tak seperti mencari kisah tentang bagaimana Batavia dibangun.Kisah tentang bunker, sepertinya keberadaan bunker itu sendiri,berada jauh terselip didalam terbitan-terbitan,baik majalah atauoun koran yang terbit di Belanda.Tak masalah,yang penting ada sedikit data,kemudian menelusuri fakta dilapangan.Maka sekali lagi,setelah bunker dibawah stasiun Tanjungpriuk,bunker di depam museum Sejarah jakarta(MSJ), kini bunker lain terkuak sedikit.
AGEN POKER TERPERCAYA - Burken yang baru kemarin saya jenguk,berbeda dengan dua bunker lain.Bunker di bawah jalan Kalibesar timur( dimasa lampau kawasan ini disebut Pasar Piasang) ini dalam kondisi seperti ruang-ruang perkantor atau ruang penyimpanan barang berharga.Pintu-pintu besi pernah menjadi penjaga ruang tanah ini.Ada beberapa ruangan yang terbilang luas di bunker ini,namun tentu penelitian lebih lanjut dilakukan untuk mengetahui apakah bunker ini punya sebagai penyimpan barang berharga,atau juga sebagai ruang perlindungan manusia.

AGEN BANDAR KIU - Di masa antara 1937-1942,Perang Dunia (PD) II.Pemerintah Belanda mengharuskan seluruh bangunan pemerintah membangun bunker.selain sebagai penyimpan barang berharga, juga sebagai perlindungan saat PD II itu.Namun demikian,ternyata warga Belanda juga melengkap rumah mereka dengan bunker. itu terungkap dalam bukti-bukti berupa foto dan sebuah kisah khusus tentang bunker dalam  majalah d'Orient,Maka bentuk dan peruntukan bunker pun jadi beragam untuk mengungkap keberadaan bunker,lagi-lagi iniperlu penelitian.



AGEN DOMINO - Kepada Unit pelaksana Tehnis (UPT) kota tua,Candrian Attahiyyat,menyatakan,tahun ini sudah ada anggaran unyuk melakukan penggalian. Boleh jadi, salah satunya adalah mengungkap keberadaan bunker di kawasan Kota Tua. "Kita belum bisa menentukan apakah bunker itu hanya untuk menyimpan barang berharga atau juga untuk perlindungan. Harus diteliti lebih dalam dari sisi arkeologi. Kalau ternyata ada lubang udara, itu berarti bunker itu berfungsi juga untuk bersembunyi," tandasnya

AGEN POKER ONLINE - Ia menambahkan, ciri-ciri bunker di kawasan tersebut, seperti yang sudah diinventarisir UPT Kota Tua, meskipun belum ada upaya pengecekan, adalah berada di bawah tangga. Demikian pula bunker yang masih menyisakan air setinggi mata kaki di bawah gedung Rotterdam Lloyd ini. Bunker dengan tinggi sekitar empat meter tersebut dalam keadaan gelap gulita, untuk turun ke bunker itu, orang tak akan menyangka sebab pintu masuknya sudah tertutup dengan timbunan kayu, rontokan tembok, dan seng



Sejarah bangunan milik perusahaan pelayaran Rotterdam Lloyd tak terungkap banyak. Setidaknya ada tahun yang menyatakan pembangunan gedung yaitu 1938. Semoga keberadaan bunker di bangunan tua tak lantas menjadi kesempatan bagi pengejar untung belaka, dunia hiburan, yang hanya akan mengangkat hal mistis. Tak ada yang mistis di gedung tua, di dalam bunker, atau peninggalan apapun. Yang ada adalah sejarah panjang yang berhimpun, berimpitan dan menantang untuk segera diungkap.

No comments:

Post a Comment