Sunday, October 2, 2016

Jeritan Perempuan Hingga Penjara Bawah Tanah Hantui Gedung Ini

BERITA TERKINI - Bangunan Parramatta Girls Home di Sydney menyimpan kisah kelam dan kejam. Hingga saat ini, Jenny McNally, salah satu mantan penghuni gedung itu masih dapat mendengar teriakan-teriakan para gadis yang disekap, diperkosa, dan dianiaya.

Parramatta Girls Home beroperasi mulai dari 1887 hingga 1974. Itu merupakan sebuah lembaga kesejahteraan yang didirikan untuk merawat anak-anak yang tidak memiliki keluarga dan pada saat itu menjadi satu-satunya yang diawasi oleh negara.

Namun faktanya yang terjadi bukannya sejahtera, anak-anak perempuan ini justru menderita. McNally baru berusia 15 tahun ketika ia menemukan dirinya di 'penjara' di mana ia mengenakan seragam, bekerja siang malam kadang disertai hukuman berupa menggosok lantai dengan sikat gigi.

Bahkan ada sebuah ruang isolasi, tempat di mana gadis-gadis disekap selama 24 jam karena dianggap telah melakukan "kejahatan" seperti mencabut alis mereka atau bahkan menjawab omongan. Bangunan yang seharusnya menjadi rumah bagi anak-anak yang hidup sebatang kara itu justru menjadi penjara mengerikan di mana fenomena kelaparan, penganiayaan, dan pelecehan seksual lazim terjadi.



DOMINO QQ - Kami dimasukkan dalam penjara gelap bawah tanah dan jika penjaganya adalah perempuan maka akan baik-baik saja. Tapi jika laki-laki, tidak. Apapun bisa saja terjadi di sana. Saya mendapat kekerasan seksual. Butuh waktu lama bagi saya untuk mengatakan pemerkosaan. Saya tak bisa menyebut kata itu...Saya tahu itu terjadi, tapi jika saya mengatakan kata tersebut maka saya semakin terhantui," ujar McNally.

McNally menceritakan ketika suatu hari ia diserang di ruang isolasi, ia menangis berharap pertolongan dan ia 'tak pernah berhenti' melakukannya. Setelah seorang petugas laki-laki meninggalkannya, masuklah seorang petugas perempuan yang merasa iba dan menyelinapkannya keluar dari ruangan itu.


POKER ONLINE UANG ASLI  - "Saya hanya tidak bisa berada di ruangan gelap itu lagi karena sama sekali tak ada cahaya. Saya ingat ada seorang gadis di penjara gelap bawah tanah, dia berteriak dan terus berteriak dan saya tahu apa yang terjadi. Dia adalah gadis pribumi. Gadis-gadis pribumi dari barat tidak memiliki kesempatan," jelas McNally.

McNally mengaku sempat bertanya kepada petugas perempuan itu mengapa ia tak bisa menghentikan kejahatan di sana, "Namun mereka tak tahu bagaimana, hal tersebut sudah lama terjadi".

"Kami tidak memiliki seorang pun untuk menolong jadi kami harus menerima apa yang terjadi dan melewatinya. Tapi faktanya itu tidak bisa dihapus, itu akan selamanya ada," kata McNally.

Perempuan yang kini berusia 62 tahun itu beruntung karena ia dapat keluar setelah enam bulan mendekam di tempat itu. Dua tahun berikutnya ia meminta bantuan ke lembaga tersebut setelah mengetahui dirinya hamil.


BANDARQ INDONESIA - McNally kembali dibawa ke tempat itu di mana ia bertatap muka dengan pelaku kekerasan seksual yang menyerangnya secara sangat brutal.

"Saya melihatnya dengan semua dendam atas apa yang pernah ia lakukan. Saya katakan, setidaknya kali ini ia tak dapat menyakiti saya karena saya hamil," jelas perempuan berkacamata itu.

Namun di luar dugaan, petugas pria itu mengisyaratkannya berulang kali untuk pergi ke suatu tempat.

"Dia meninju perut saya. Saya berteriak dan terus berteriak, namun tak seorang pun bertanya kenapa. Setelah itu saya berusaha menghindarinya dan bersikap baik selama berada di sana," tutur McNally.


CAPSA SUSUN ONLINE - Keberuntungan kedua didapat McNally ketika ia jatuh sakit dan dilarikan ke rumah sakit. Di sana, ia menceritakan apa yang dialaminya kepada perawat dan setelah itu ia tak pernah kembali lagi.

Bersama dengan sejumlah korban lainnya, McNally memberanikan diri untuk melaporkan ke Komisi Pelecehan Seksual Anak. Dan mereka telah menerima permintaan maaf dari pemerintahan New South Wales.

No comments:

Post a Comment